Rebab 1 (Ajar Wanuh)

rebab

Rebab google

Banyak sekali masyarakat kita yang tidak mengenal instrumen yang satu ini. Pengalaman penulis waktu pertama kali singgah dan mengontrak di sebuah desa, dan memainkan instrumen tersebut dikala waktu senggang, masyarakat setempatpun menanyakan instrumen tersebut.

“Mas, niku napa kok suarane marai ngeres teng ati?”, Mas itu alat apa kok suaranya bikin hati ngeres.

“Rebab dik.” jawabku

Sayang sekali kan masak dengan instrumen milik sendiri ga paham, sedangkan kalau aku pegang gitar paham, pegang biola tahu namanya, pegang suling juga tahu. Hem, mungkin instrumen yang satu ini terasa asing di mata mereka. Apa yang membuat asing, karena jarang sekali keluar di berita TV, jarang diperdengarkan di stasiun radio, dan jarang sekali dipanggungkan dalam acara hajatan tertentu.

Memang masyarakat kita sekarang dimanjakan dengan sesuatu yang serba kebarat-baratan. Baik dalam segi apapun, cara berpakaian, cara berjalan, cara bertetangga, dan cara bersahabat. Adanya kemudahan berkomunikasipun belum bisa dimanfaatkan secara lebih bagus dan lebih menguntungkan.

REBAB

Rebab adalah salah satu alat musik gesek yang ada di dunia pergamelan atau seni karawitan. Namanya juga alat gesek, maka cara memainkanya juga dengan cara digesek. Bagaimana menggeseknya? Kalau teman-teman yang pernah belajar karawitan khususnya alat ini tentu sudah paham, juuuu nduuur, juuu nduuur,,,maju mundur maju mundur, begitu menggeseknya. Kombinasi gerakan, iya kadang maju, kadang mundur, semua ada sistematikanya sendiri-sendiri, kapan harus maju dan kapan harus mundur. Wah kalau begitu susah dong? Ga juga kok, masih susah main biola, atau main gitar, main piano, atau main game di gaget atau di game online. Kan kalau game itu ada asyiknya. Ini juga ada asyiknya lho, kadang harus nahan nafas, melatih bersabar supaya bisa melakukan kosokan maju panjang atau mundur panjang. Kalau mengkosok ya harus ada alat yang digunakan untuk mengkosok dan yang dikosok. Rebab punya alat yang namanya kosok, dan yang di kosok adalah senar rebab. Maka pola-pola tabuhan di rebab ada yang disebut kosok wangsul (geseknya pulang), ada pula yang disebut dengan kosok maju (menggeseknya ke arah maju. Maju mundur dalam rebab, tentu berbeda dengan maju mundurnya orang berjalan, lebih tepatnya gerakan maju mundur kosok rebab ini adalah gerakan kosok kekanan dan gerakan kosok kekiri. Kawat terdiri dari dua buah yang direntangkan dari bawah ke atas, sebagai penghantar getaranya disebut srenten yang menempel pada babat di bagian bathokan rebab.

rebab madeku

Rebab produksiku jepretan Mas Danis

POSISI MEMAINKAN

Ayo belajar sedikit-sedikit, paling ga mengenal lah, tau juga tata cara membunyikannya. Yang paling enak memainkan instrumen rebab adalah pada posisi duduk bersila. Cewek cowok sama saja, asal duduk bersila itu dianggap lebih nyaman daripada timpuh (cara duduk cewek kedua kakinya ditarik kebelakang). Duduk bersila dengan rileks, rasakan otot-otot rileks, duduk juga nyaman, lalu pegang si rebab ditangan kiri dan kosok rebab ditangan kanan. Usahakan posisi rebab agak mayuh (condong) ke depan, posisi lengan kiri jangan tegang, dan rasakan rileknya, lalu belajar memutar-mutar si rebab, biar kondisi rilek terasa, seakan-akan tangan kita sudah atul (terbiasa) dengan instrumen tersebut. Setelah itu tumpangkan kosok di atas senar rebab, posisinya pas tepat di bagian atas bathokan rebab. Setelah itu gerakan kosok ke kanan dan kekiri, cari suara yang paling nyaring, terus saja belajar mengkosok-kosok dulu biar jinnya yang berupa suara nyaring keluar. Yang harus diperhatikan adalah gerakan kosok dan tekanan kosok pada senar, dari menekan keras kosok cepat lalu menguranginya, dengan ga keras agak pelan, dan seterusnya sampai keluar jinnya. Sampai disini dulu, sambung lain kesempatan ya, semoga berkenan.

2 thoughts on “Rebab 1 (Ajar Wanuh)

tolong masukannya yah

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s