Konsep Satria Piningit

Ronggowarsito adalah spiritualis indonesia yang sangat ternama karena ramalannya banyak yang sudah terbukti. Dipaparkan ada tujuh satrio piningit yang akan muncul sebagai tokoh yang dikemudian hari akan memerintah atau memimpin wilayah seluas wilayah “bekas” kerajaan Majapahit (Negara Indonesia), yaitu : Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro, Satrio Mukti Wibowo Kesandung Kesampar, Satrio Jinumput Sumelo Atur, Satrio Lelono Topo Ngrame, Satrio Piningit Hamong Tuwuh, Satrio Boyong Pambukaning Gapuro, Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu.Berkenaan dengan itu, banyak kalangan yang kemudian mencoba menafsirkan ke-tujuh Satrio Piningit itu adalah sebagai berikut :

Satriyo Kinunjoro Murwo Kuncara diperkirakan adalah PRESIDEN SOEKARNO. Sedangkan Satrio Mukti Wibowo Kesandhung Kesampar diperkirakan adalah presiden SOEHARTO. Satrio Jinumput Sumelo Atur yaitu BJ HABIEBIE. Untuk Satrio Lelono Topo Ngrame yaitu Abdurrohman Wahid. Sedangkan untuk Satrio Piningit Hamong Tuwuh yaitu Ibu MEGAWATI dan presiden sekrang SBY diperkirakan merupakan Satria Boyong Pambukaning Gapura. Lalu siapa Satrio Pinandhita Sinisihan Wahyu? Itu masih teka-teki bersama. Namun demikian saya berusaha membahas sedikit berkenaan dengan hal tersebut.

Banyak yang mengartikan demikian:

SATRIO PINANDITO SINISIHAN WAHYU. Tokoh pemimpin yang amat sangat Religius sampai-sampai digambarkan bagaikan seorang Resi Begawan (Pinandito) dan akan senantiasa bertindak atas dasar hukum/petunjuk Allah SWT (Sinisihan Wahyu). Dengan selalu bersandar hanya kepada Allah SWT, Insya Allah, bangsa ini akan mencapai zaman keemasan yang sejati.

Kembali kepada diri kalau saya mengartikan. Baik itu diri secara universal (negara) maupun diri dalam pengertian lingkup kecil (diri sendiri). Siapa sih sebenarnya satria itu? Satria adalah orang yang selalu berpikir demi kebersamaan, sikap sosialnya tinggi, jiwa pluralnya juga tinggi. Contoh Arjuna dalam wayang, apakah dia membedakan siapa lawan dan siapa kawan? Karena ternyata lawannya adalah saudaranya sendiri. Arjunapun bilang tak sanggup melawan dan membunuh Kurawa (BAGAWAT GITA), itu simbol jiwa sosialnya, nurani kemanusiaan yang tinggi. Arjuna juga bersahabat dengan hamba sahaya (PUNAKAWAN), apakah mereka diperlakukan berbeda? TIDAK sama sekali, cenderung punakawan digunakan sebagai penasehat nurani dan jiwa.

Pandhita juga orang yang mumpuni dalam hubungan horisontal dan vertikal. Dalam segala kebijakan dibutuhkan nurani, bukan karena kekuasaan ataupun uang. Aku jadi teringat film tentang hukum dari Amerika, dimana ada seorang pengacara yang bisa menyelamatkan orang kulit hitam Afrika yang telah menembak mati orang Amerika. Padahal itu seharusnya hukuman mati, kenapa bisa bebas? karena memang orang Afrika itu tidak salah meskipun membunuh, tetapi demi sebuah nasib, yaitu NURANI, atau hak asasi, hak yang paling mendasar bagi manusia. Pandita bukan saja ahli dalam agama, melainkan ahli dalam menempatkan diri baik itu disegala ruang dan waktu. Bisa membedakan mana kerjaan dan mana keluarga. Tidak pandang bulu dan tidak memihak hanya lantaran ada kolusi atau nipotis.

Sinisihan WAhyu artinya, dia berdasarkan atau bersama sebuah kebenaran. Apa itu kebenaran? Kebenaran yang memperjuangkan hak manusia secara utuh. Apa saja kebutuhan manusia dalam bernegara? Jelas kesamaan perilaku dan persamaan hukum. Tidak ada nipotis, kolusi, koalisi atau istilah apapun yang memungkinkan berpihak pada sebuah golongan atau komunitas. Pada dasarnya manusia itu FREE alias bebas, tidak ada ikatan. Itu yang perlu digaris bawahi. Demi keberlangsungan bersama maka free tersebut dibatasi oleh sebuah aturan kenegaraan yang seharusnya masih berpijak pada asasi manusia ini. Sehingga kebijakan hukum tidak berpihak tetapi memang selaras dengan kebersamaan. Interaksi bukan berarti koalisi atau kolusi, tetapi itu syarat untuk menjalin sebuah keselarasan dan keseimbangan alam.

Jadi, yang dimaksud dengan Satria piningit yang diharapkan disini menurut saya adalah, bahwa itu kwajiban tiap individu. Berjuang dan memperjuangan haknya, dengan masih berpegangteguh pada nilai interaksi dan keselarasan alam. Kembali ke wahyu artinya memahami kembali sirkulasi kehidupan bukan hanya saja dengan manusia tetapi dengan alam juga. Kenapa saya bilang itu individu kita, karena tanpa kita semua berharap semua tidak akan pernah kesampaian. Semua hanya akan jadi impian dan ilusi. Satria piningit adalah jiwa kita, nurani kita, roh kita, jiwa kita semua, tiap individu. JIka ditarik dalam kawasan yang lebih luas adalah kembali ke dasar negara kita PANCASILA. Jika itu memang pegangan bersama dan diimani bersama. Iman artinya, mengucap, membenarkan dan merealisasikan. Kebangkitan satria ini tidak usah dinanti, ayo kita mulai dari diri sendiri, dan lingkungan. Berbenah dan berbenah.

Baca tulisan yang lainnya:

  1. Semar Kamu Dimana?
  2. Semar Kembar 4
  3. Merunut Akar Kekerasan
  4. Mengenal Demokrasi
  5. Kampung dan Sejarah Kebudayaan

9 thoughts on “Konsep Satria Piningit

    • Hehehehe,,,menurut saya satria piningit ya diri kita sendiri,,,piningit dalam artian sesuatu yang tersembunyi, diwingitke,,,siapa yang mampu membedah atau sadar dan paham akan jati diri ya dialah sudah termasuk satria piningit,,,SAPANTUK WAHYUNING ALLAH GYA DUMILAH MANGULAH ILMU BANGKIT,,,saya kira begitu,,,salam kenal terima kasih berkenan berkunjung, dan mengapresiasi di blog saya ini. Salam

    • Siapakah satriya piningitt yang sebenarnya???bukankah jelas saya paparkan di atas bahwa satriya piningit adalah diri kita masing-masing. tiap individu sadar akan potensi yang dimiliki dan menempatkan diri sesuai dengan potensinya, saya yakin akan berguna dan mampu menjawab segala kegelisahan. yang penting adalah bagaimana menyikapi situasi alam ini.

  1. satrya piningit, oh satrya piningit ????? memang susah, dapatkah kita menghormati orang lain ? kita semua manusia mempunyai sifat yang amat domian yaitu tamak ! tamak sekali lagi amat tamak, coba kita renungkan bersama-sama apa arti sukses ? maka, akan banyak yang menjawab bahwa sukses itu apabila sudah punya mobil, rumah mewah, uang banyak dll. dan amat sedikit yang menjawab sukses itu hidup berimbang antara kita, kamu atau masyarakat dengan TUHAN ?

  2. JUDUL
    1:1. Inilah Wahyu Satria Piningit, yang dikaruniakan Allah pada Satria Piningit, supaya ditunjukkan pada hamba Satria Piningit apa yang segera terjadi. Dan oleh yang diutus-Nya, Satria Piningit telah menyatakan diri.
    1:2 Al Kitab telah bersaksi tentang firman Allah dan kesaksian yang diberikan pada Satria Piningit, yaitu segala sesuatu yang telah dilihat.
    1:3. Berbahagialah yang membaca dan yang mendengar kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktu sudah dekat.
    1:4 Dari Al Kitab kepada semua jemaat yang ada. Kasih karunia dan damai sejahtera sertai kamu sekalian, dari yang ada dan yang sudah ada dan yang datang, dan yang ada di atas Takhta,
    1:5 dan Satria Piningit, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang hidup dan yang berkuasa atas Raja ataupun pemimpin di bumi ini, yang mengasihi bumi dan yang telah melepaskan bumi dari bencana masa depan oleh hidupNya.
    1:6 dan yang telah membuat bumi menjadi suatu kerajaan, menjadi imam atas bumi. Bagi Satria Piningit kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya.Amin.
    1:7 Lihatlah, datang dengan kuasa dan setiap mata akan melihat, juga mereka yang telah menanti. Dan semua bangsa di bumi akan memuji, amin.
    1:8 Satria Piningit adalah nyata dan maya, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang berkuasa.
    1:9. Bumi dalam kesusahan bencana, dan dalam ketekunan menantikan Juru Selamat, yang berada di pulau bernama Jawa oleh karena firman Allah dan kesaksian yang diberikan pada Satria Piningit.

tolong masukannya yah

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s