Kasihani Kami

Itulah sebaris kata dalam memahami dan mengkritisi kondisi seni tradisi sekarang ini. Banyak seniman tradisi yang mengiba supaya bisa pentas. Sementara itu banyak juga seni tradisi yang tinggal kenangan. Melongok temu karya TB se Indonesia kemarin, dengan tema “Kebhinekaan Pusaka Nusantara” sangat menarik dan sangat mengiba.

Seni tradisi nusantara memang sangat banyak. Kalau diadakan penelitianpun sampai menghabiskan dana. Coba saja ambil salah satu sample penelitian, yaitu tentang alat tiup seluruh nusantara. Sudah pasti sangat menarik, dan hasilnya bisa dijadikan dokumentasi. Alat musik itu menarik jika memang dianggap sebuah peninggalan dan kita gemar untuk mengembangkannya. Kalau penelitian ke arah sana tidak ada lalu bagaimana perkembangan selanjutnya.

Waktu kemarin, sebenarnya saya ingin sekali mendengarkan aneka suling atau alat tiup dari nusantara ini. Tetapi sebagian karya sudah menampilkan karya baru alias tradisi yang di solek. Seperti dari Jawa Tengah sendiri menampilkan karya modern, menariknya karya ini adalah mengkombinasikan gerakan yang ada di Jawa Tengah ini.

Iklan

tolong masukannya yah

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s