Cinta, Keselarasan dan Kebahagiaan

Saya cuma mau mengutip pendapat Inayat Khan, semoga yang sedikit ini bisa dijadikan referensi bagi teman-teman dan diri saya sendiri, karena saya juga masih mencari makna cinta itu.

“Cinta, keselarasan dan keindahan menggembirakan hati setiap orang yang mendengar. Seorang mungkin bertanya-tanya apa yang ada dalam kata-kata ini sehingga dapat digunakan untuk mendorong suatu kekuatan alami sedemikian rupa atas jiwa manusia. Jika ada sesuatu dalam kehidupan yang terlihat pada jiwa manusia, itulah cinta dan keindahan. Selain itu tidak ada lagi, karena hal ini adalah sifat yang paling mendasar dari kehidupan. Cinta adalah sifat dasar dari kehidupan, keindahan adalah hasil dari kehidupan, sedangkan keselarasan adalah cara dimana kehidupan menyempurnakan tujuannya, dan ketiadaan ketiganya mengakibatkan kerusakan dalam kehidupan.” Inayat Khan dalam buku Taman Mawar dari Timur.

Selebihnya silahkan membaca bukunya sendiri, menarik memang apa yang dikatakan dengan cinta, keselarasan dan kebahagiaan itu. Cinta berawal dari sebuah ketertarikan, dan ketika direspon maka timbulah keselarasan rasa, dan akhirnya menjadikan kebahagiaan. Tak aneh maka ketika seseorang tertarik dia akan menjadi super hero bagi dan mengayomi atau memperhatikan terhadap orang yang menariknya, supaya mendapatkan respon. Bahkan sampai berpuasa, atau berdoa, atau apapun dilakukan untuk mendapatkan respon.

Ketika signal mereka bertemu, maka terjadilah kebahagiaan “awal”. Kebahagiaan ini tak lebih hanyalah wujud dari rasa tertarik yang mendapat jawaban. Sedangkan keselarasan tersebut adalah keseimbangan kedua belah pihak, disinilah yang disebut masa pacaran, mungkin, ini menurut saya lho. Karena masa pacaran ini lebih memudahkan kedua hati untuk saling komunikasi, memberi dan menerima. Saling tukar, maka tidak ayal banyak benturan (masalah), karena masing-masing ego berbicara, masing-masing ego ingin menang, ingin mendapat perhatian, ingin menguasai.

Jalan yang bagus adalah keselarasan, mencari solusi atau jalan tengah, dengan semakin banyak masalah, maka sebenarnya unsur kecocokan semakin banyak, jika keduanya mau mencari solusinya. Jika keselarasan terjadi maka kebahagiaan akan dirasakan. Bahagia bukan paksaan jika terjadi keselarasan, bukan sekedar memaksakan ego karena adanya keseimbangan rasa diantara kedua belah pihak. Makanya jika pacaran jangan suka nggrundel ya,,,cari solusinya dan jangan sampai memaksakan ego…hahahaha…sok banget…mari kita coba bersama,,,siapa tahu resep ini bener…maaf jika saya salah menterjemahkan.

tolong masukannya yah

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s